Search Engine Optimization

Apakah Outbound Link Berpengaruh Terhadap SEO?

1

Outbound link adalah link di website Anda yang mengarah ke website lain, misalnya ketika Anda membuat backlink untuk Revorma.com.

Yang dengan kata lain, Anda mengangkat reputasi Revorma.com.

Masalahnya, ada sifat tamak dalam diri manusia. Tidak suka mengangkat reputasi orang lain, tidak ingin orang lain lebih baik dari dirinya, apalagi jika hal itu disebabkan karena dirinya sendiri, secara cuma-cuma pula. Apalagi ketika orang itu bukan siapa-siapanya, tidak mempunyai posisi yang spesial di matanya.

Jadi, bagi orang yang sangat paham tentang bagaimana cara kerja backlink, sangat sulit dan berat baginya untuk memasang backlink bagi orang lain di websitenya (outbound link). Karena berasumsi website yang diberikan backlink akan semakin naik reputasinya.

Tapi, benarkah cara berpikir semacam itu? Jawabnya adalah tidak benar.

Benar bahwa Revorma akan naik reputasinya ketika Anda buatkan backlink, tapi Anda tidak serta merta “rugi”, Anda juga akan memperoleh keuntungan. Google sangat fair di sini.

Outbound akan membantu menaikkan nilai halaman Anda ketika outbound yang Anda buat relevan dengan tema yang sedang Anda bahas.

Misalnya saya sedang membahas tentang strategi berjualan yang di dalamnya menyinggung marketplace, maka tulisan atau keyword saya akan terbantu ketika di halaman tersebut yang memberikan backlink pada Bukalapak dan Tokopedia. Atau memberikan link ke Wikipedia untuk artikelnya yang menjelaskan definisi dari marketplace.

Tapi tidak semua outbound link akan memberikan dampak yang bagus untuk Anda.

Berikut ini 2 poin yang harus Anda perhatikan supaya outbound link yang Anda buat bisa memberikan dampak positif terhadap keyword yang sedang Anda bidik.

  1. Pastikan website tujuan adalah website Authority.
  2. Pastikan juga bahwa URL tujuan merupakan konten dengan tema yang relevan. Kalau Anda sedang bahas bisnis, maka outbound yang Anda berikan juga harus bertema bisnis.
  3. Ketika Anda ingin menggeser kompetitor, jangan pernah membuat outbound link yang mengarah ke kompetitor, cari web authority lain yang tidak di halaman 1.

Semoga mencerahkan. Demikian :)

Magang 3 Bulan Untuk Hidup yang Lebih Baik

Insya Allah demikian. Udah kayak kampanye pilpres aja ya, hehe. Monggo yang tertarik bisa langsung baca selengkapnya.

Pelajaran Lainnya
Apa Manfaat dari Brand Anchor Text?
Pentingnya Canonical URLs Untuk SEO Website Anda